Mengapa Berat Badan Kamu Tidak Turun Meski Sudah Berolahraga? Baca Disini Penjelasannya

Meskipun Anda rajin berlatih, berat badan Anda tidak akan turun mendekati berat ideal Anda. Ini bisa disebabkan oleh kesalahan olahraga.

Agar latihan Anda menjadi efektif, Anda harus mengenali berbagai kesalahan dalam latihan yang dapat menghambat penurunan berat badan. Mari kita perhatikan penjelasannya lebih dekat sehingga Anda dapat membuat model latihan yang bagus untuk mendapatkan berat dan bentuk tubuh yang ideal.

Itu sebabnya berat badan Anda tidak berkurang setelah latihan rutin

Kesalahan dalam olahraga di mana penurunan berat badan tidak pernah hilang
Olahraga teratur memiliki sejumlah manfaat kesehatan, termasuk mendukung upaya untuk menurunkan berat badan.

Namun, jika Anda tidak menurunkan berat badan terlalu banyak untuk mencapai berat ideal bahkan jika Anda telah berolahraga secara teratur, beberapa hal berikut mungkin menjadi penyebabnya:

1. Terlalu banyak pelatihan kardio

Latihan kardiovaskular sangat berguna untuk menyehatkan jantung, meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu penurunan berat badan. Jangan memaksakan dirimu.

Terlalu banyak latihan kardiovaskular justru merusak otot Anda. Ini bisa membuat tubuh bereaksi dengan menyimpan lemak sebagai sumber energi.

2. Berolah raga terlalu lama

Selama berolahraga, tubuh melepaskan hormon stres, juga dikenal sebagai kortisol. Hormon ini bermanfaat bagi tubuh karena memberikan energi yang dibutuhkan oleh otot untuk bergerak.

Di sisi lain, hormon ini bisa berbahaya jika Anda berolahraga terlalu lama, sehingga terjadi penumpukan lemak di area yang tidak diinginkan.

3. Kurang istirahat setelah berolahraga

Beristirahat dan memulihkan daya tahan setelah berolahraga adalah hal yang paling penting untuk dilakukan. Saat istirahat, tubuh membakar sebagian besar lemak dan karenanya mendukung penurunan berat badan. Jadi, setelah olahraga, cukup istirahat untuk bisa berlatih lagi keesokan harinya.

4. Kurang waktu latihan

Meskipun latihan yang berlebihan dan terlalu lama dapat memiliki efek negatif, kurang olahraga tidak baik dan tidak dapat melemahkan tubuh.

Maksimalkan waktu latihan Anda dengan melakukannya secara efektif dan seimbang. Cobalah berolahraga dengan waktu aktivitas minimum minimal 30 menit sehari, setidaknya tiga kali seminggu atau 150 menit seminggu.

Anda harus memahami bahwa selain berolahraga ada faktor lain yang memengaruhi penurunan berat badan. Salah satunya buruk atau terlalu banyak untuk dimakan. Tentu saja, ini bisa menghambat penurunan berat badan meski sudah berolahraga.

Meskipun berat badan Anda tidak berhenti, jangan berhenti berolahraga, terutama jika Anda baru memulai. Lebih baik berlatih olahraga secara konsisten dan berkelanjutan.

Untuk hasil yang optimal, Anda harus secara teratur mengonsumsi makanan dan gaya hidup sehat. Jika perlu, tanyakan kepada dokter Anda solusi yang tepat untuk menurunkan berat badan.

 

Baca Juga :

Baca Tips Merawat Motor Injeksi, Yuk Disimak!

Memahami Karangan Narasi dan Cara Membuatnya

Pengertian Homogen dan Heterogen Campuran