Baca Tips Merawat Motor Injeksi, Yuk Disimak!

Memiliki sepeda injeksi benar-benar sangat menguntungkan. Karena mesin injeksi lebih murah daripada mesin tanpa injeksi. Meskipun harganya lebih mahal, kami tetap memilih untuk membelinya.

 

Tapi tahukah Anda bahwa biaya perawatan lebih tinggi jika terjadi masalah mesin? Ini karena sebagian besar komponen mesin dari mesin injeksi sulit diperbaiki.

Meskipun telah diperbaiki, durasinya tidak lagi bertahan lama. Jadi kita juga perlu menggantinya. Itu sebabnya kita harus mengurus ini.

Namun, tidak ada alasan untuk khawatir karena artikel ini akan mengungkap rahasia mempertahankan mesin cetak injeksi, yang lebih mudah bagi kami. Jadi, apakah Anda membaca dengan lambat?

Pilih bahan bakar yang bagus

Ada banyak jenis bahan bakar yang bisa kita gunakan. Setiap SPBU menawarkan berbagai jenis bahan bakar. Tapi yang harus kita pilih adalah bahan bakar oktan tinggi.

Karena bahan bakar beroktan tinggi membuat pembakaran lebih sempurna. Selanjutnya, bahan bakar beroktan tinggi dapat membersihkan kotoran di ruang bakar.

Untuk digunakan dalam mesin injeksi, disarankan untuk menggunakan bahan bakar yang mengandung lebih banyak oktan dan 90. Bahan bakar di bawah ini biasanya meninggalkan kotoran yang dapat menyebabkan kerak, membuat mesin lebih cenderung rusak.

Pertahankan kondisi baterai

Selanjutnya, kita juga harus menjaga kinerja baterai. Apalagi jika Anda menggunakan motor otomatis. Karena itu menjadi sangat membosankan ketika baterai mati. Cara menyalakan mesin sepeda motor kecuali untuk double starter yang menekan engkol.

Ini akan sangat menjengkelkan jika kita tidak terbiasa. Kami juga akan membutuhkan lebih banyak waktu. Yah, saya tidak ingin memiliki masalah dengan dual starter, jadi kami harus sering memeriksanya.

Jika Anda menggunakan baterai basah, Anda harus memeriksa airnya. Pastikan baterai diisi hingga batas yang disarankan. Namun, sebagian besar mesin injeksi menggunakan baterai kering, jadi kita tidak perlu khawatir.

Namun, yang perlu kita pertimbangkan adalah penggunaan. Jangan pernah membiarkan kunci kontak dinyalakan untuk waktu yang lama saat mesin tidak bekerja.

Atau nyalakan lampu tanpa menyalakan mesin. Karena kebiasaan ini dapat membuat baterai lebih mudah ditutup dan rusak. Jika baterai tidak berfungsi seperti biasa, baterai harus segera diganti dengan yang baru.

cara merawat motor injeksi Yamaha Mio

Ganti oli secara teratur

Oli adalah bagian penting dari mesin. Karena oli memiliki banyak keunggulan untuk mesin. Oli tidak bisa hanya mesin yang sangat kuat sebagai pelumas.

Karena itu, kita tidak boleh meremehkan penggantian oli secara teratur. Ini biasanya diremehkan oleh sebagian besar pengemudi. Idealnya, disarankan mengganti oli setiap 1000 km.

Karena oli telah digunakan dalam jarak jauh, viskositas dan daya rekat sangat berkurang, sehingga mengurangi perannya dalam perawatan mesin.

Namun, jika kita tidak punya waktu untuk berubah dalam 1000 km, batas jarak maksimum adalah 2000 km. Meskipun kami harus mengganti segera setelah perjalanan panjang, bahkan jika jarak minimum belum tercakup.

Periksa ecu

ECU (unit kontrol elektronik) adalah otak dari sistem operasi mesin injeksi. Kekuatan total injektor dikendalikan oleh instrumen ini. Karena itu, jangan biarkan perangkat mengalami masalah.

Jika perangkat mengalami masalah, injektor akan mengalami masalah. Jika injektor memiliki masalah, pembakaran akan menderita. Inilah ciri khas sepeda motor injeksi. Jika suatu komponen memiliki masalah, komponen lainnya juga akan terpengaruh.

Karena itu wajib bagi kita untuk menjaga ECU. Jika kita tidak bisa melakukannya sendiri, kita harus memercayai mekanik. Jadi ada baiknya jika kita memiliki mekanik berlangganan setiap bulan.

Jaga kinerja lilin

Kita sudah tahu bahwa mesin itu bisa hidup karena pembakaran sempurna. Nah, sumber pembakaran berasal dari lilin. Komponen ini bertanggung jawab untuk mengirimkan api ke ruang bakar.

Tanpa perangkat kecil ini, kendaraan kami tidak ada artinya. Itu sebabnya kami harus memeriksanya secara teratur. Jika ada kotoran, kita harus segera membersihkannya.

Jika alienasi tidak stabil, kita harus segera menggantinya dengan yang baru. Ini untuk mengantisipasi serangan. Karena sangat mungkin bahwa sepeda akan mati di tengah jalan, karena lilin tidak menawarkan api yang sempurna.

Periksa bahan bakar di tangki

Bahan bakar adalah bagian yang tidak harus dipisahkan dari kendaraan. Karena tanpa bahan bakar, kendaraan itu hanya bangkai. Jika bahan bakar terkuras saat mengemudi, injektor bisa rusak.

Jangan biarkan isi tangki bahan bakar kosong. Selanjutnya, kita harus memastikan bahwa tangki bahan bakar benar-benar bebas dari kotoran. Karena jika kotoran masuk ke injektor, pembakaran menjadi terganggu.

Akibatnya, tenaga mesin juga menjadi tidak stabil. Karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa tangki bahan bakar selalu bersih dan penuh. Untuk menemukan isinya, Anda bisa membaca jarum bahan bakar di speedometer.

Layanan berkala

Metode ini juga sangat penting untuk menjaga performa mesin yang baik. Kami harus melayani setiap 3.000 km. Namun, jika kita jarang bepergian jauh, kita harus memberikan bantuan setiap tiga bulan.

Di sini Anda dapat mengetahui komponen mana yang perlu dibersihkan. Pada jarak yang sangat jauh, mesin tidak mungkin terkena kotoran.

Selain itu, layanan ini sangat penting untuk mengetahui komponen mana yang perlu diganti. Jika komponen rusak dan dibersihkan, komponen lain akan rusak.

Inilah kelemahan yang ada pada mesin injeksi. Pepatah mengatakan bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini. Karena itu, kita harus tetap aktif agar tetap bisa digunakan jika perlu.

Ini adalah beberapa tips yang sangat mudah bagi kami untuk menjaga mesin cetak injeksi kami. Mesin injeksi lebih murah, tetapi jika kita tidak bisa menyimpannya, kita kehilangan banyak uang.

Karena setiap komponen tidak murah. Bahkan jika suatu komponen tetap rusak, kemungkinan banyak komponen akan diganti. Jadi dia suka mesin injeksi yang kita cintai sendiri.

Karena dengan mesin injeksi ini kita dapat melakukan tugas sehari-hari dengan lebih mudah.

 

Sumber : https://www.mesinmotor.com/

Baca juga :

Memahami Karangan Narasi dan Cara Membuatnya

Pengertian Homogen dan Heterogen Campuran