Manfaat Daging Sapi Bagi Tubuh dan Kesehatan

rog-masters.co.id – Daging sapi adalah jenis daging yang biasa dikonsumsi sehari-hari di Indonesia. Daging sapi bukan hanya rasanya yang lezat, tetapi juga sumber protein yang baik untuk tubuh. Tahukah Anda bahwa makan daging sapi membawa banyak manfaat bagi tubuh? Jika Anda tidak mengetahuinya, pertimbangkan cara mengetahui konten dan manfaat daging sapi.
isi daging sapi

Manfaat daging sapi tentu tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang dikandungnya. Keuntungan dari kandungan daging sapi adalah kandungan natrium yang rendah. Selain daging sapi, ia juga merupakan sumber protein, vitamin B3, vitamin B6, fosfor, seng, selenium, dan vitamin B12.

Sedangkan downside adalah bahwa masih ada kandungan lemak jenuh dan juga kolesterol. Daging sapi juga mengandung sejumlah lemak trans.

Berikut ini adalah pembagian dari isi daging sapi 100 gram dengan 90% daging tanpa lemak dan 10% lemak:

Kalori: 176
Air: 69,5 g
Protein: 20 g
Karbohidrat: 0
Gula: 0
Serat: 0
Lemak: 10 g
Kolesterol: 65 mg
Vitamin B2: 0,2 mg
Vitamin B3: 5.1 g
Vitamin B6: 0,4 mg
Folat: 6,0 μg
Vitamin B12: 2,2 μg
Zat Besi: 2,2 mg
Magnesium: 20 mg
Fosfor: 184 mg
Kalium: 321 mg
Sodium: 66 mg
Seng: 4,8 mg
Selenium: 16,6 ug

Kandungan daging sapi yang ditunjukkan di atas adalah mentah atau isi daging sapi mentah. Setelah mengolah daging sapi, jumlah nutrisi bisa berubah.

Selain vitamin dan mineral yang disebutkan di atas, daging sapi juga mengandung zat bioaktif dan antioksidan yang tidak kalah bagus untuk kesehatan.

Senyawa yang mengandung sejumlah besar daging sapi termasuk creatine, carnosine, taurine, glutathione dan asam linoleat terkonjugasi.
Manfaat daging sapi

Tidak dapat dipungkiri bahwa daging sapi adalah bahan makanan dengan sumber nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Jika Anda melihat berbagai konten daging sapi,

berikut adalah berbagai manfaat konsumsi daging sapi:

1. Pertahankan massa otot

Konsumsi daging sapi secara teratur diyakini berkontribusi untuk menjaga massa otot.

Seiring bertambahnya usia, perubahan bentuk tubuh sulit dihindari. Salah satu yang bisa Anda coba adalah sarkopenia atau kehilangan massa otot. Kondisi ini pada dasarnya dapat dicegah dengan latihan kekuatan dan peningkatan asupan protein. Daging sapi mungkin menjadi pilihan sumber protein untuk mencegah kondisi ini.

2. Meningkatkan kinerja otot

Daging sapi mengandung senyawa karnosin, yang sangat penting untuk fungsi otot.

Karnosin diproduksi di dalam tubuh dari beta-alanine, asam amino yang ditemukan dalam ikan dan daging seperti daging sapi. Memenuhi kebutuhan beta-alanin dengan makan daging dapat meningkatkan kadar karnosin dalam otot. Sebaliknya, diet vegetarian dapat menyebabkan kadar carnosine yang rendah.

Kadar carnosine yang tinggi pada otot sering dikaitkan dengan peningkatan kinerja otot selama latihan dan pengurangan risiko kelelahan.

3. Mencegah anemia

Salah satu manfaat daging sapi yang paling dapat diandalkan adalah pencegahan anemia. Ini benar.

Anemia defisiensi besi adalah bentuk anemia yang paling umum. Daging sapi bukan hanya sumber zat besi bagi tubuh, tetapi juga dikenal membantu menyerap zat besi dari sumber tanaman. Karena itu, konsumsi daging dianggap efektif dalam mencegah anemia defisiensi besi.

4. Meningkatkan sensitivitas insulin

Juga diyakini bahwa daging sapi meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi risiko diabetes.

Kandungan asam linoleat terkonjugasi dalam daging sapi dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Selain itu, daging sapi juga mengandung senyawa yang disebut L-karnitin. Satu studi menunjukkan bahwa mengambil L-carnitine dapat membantu meningkatkan kadar glukosa puasa dan profil kolesterol secara keseluruhan pada pasien dengan diabetes tipe 2.

5. Membantu menjaga berat badan ideal

Siapa bilang makan daging benar-benar akan menambah berat badan? Daging sapi benar-benar dapat membantu Anda mempertahankan berat badan ideal Anda.

Manfaat daging sapi untuk menjaga berat badan ideal juga berasal dari kandungan senyawa asam linoleat terkonjugasi dan juga L-karnitin. Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi suplemen L-carnitine dapat menghasilkan penurunan berat badan yang signifikan dibandingkan dengan kelompok yang tidak mengkonsumsi. Kandungan asam linoleat terkonjugasi dipercaya membantu mengurangi lemak.

Namun, jika Anda ingin mempertahankan berat badan, Anda tidak boleh makan daging sapi secara berlebihan dan pertimbangkan untuk mengolahnya.

6. Menjaga kesehatan jantung

Hasil penelitian tentang manfaat daging sapi untuk kesehatan jantung memang sangat berbeda.

Beberapa orang mengklaim bahwa daging sapi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Porsi daging sapi yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung adalah kandungan lemak jenuh. Karena itu, Anda dapat mempertimbangkan makan daging tanpa lemak yang lebih sehat.

Di sisi lain, daging sapi sebenarnya memiliki beragam nutrisi yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung seperti vitamin B kompleks dan antioksidannya.

7. Sumber vitamin kompleks B.

Tubuh membutuhkan berbagai jenis vitamin B-kompleks agar berfungsi sesuai fungsinya.

Daging dapat menjadi sumber vitamin B yang baik. Daging sapi mengandung vitamin B12, yang diperlukan untuk sistem saraf, vitamin B3, yang dapat mendukung sistem pencernaan, dan vitamin B2, untuk kepentingan kulit dan mata yang sehat.

8. Sumber antioksidan

Bahkan manfaat daging sapi sebagai sumber antioksidan tidak boleh dilupakan.

Daging sapi mengandung glutathione. Senyawa ini sering disebut “master antioksidan”. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa glutathione, antioksidan yang mulia, mencegah penuaan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko penyakit kronis dan meningkatkan umur panjang.

Inilah berbagai manfaat dari konsumsi daging yang bisa Anda rasakan. Ingatlah selalu untuk mengonsumsi daging sapi dalam jumlah sedang dan mewaspadai pengobatan sehingga nutrisi dalam daging sapi tidak hilang dan digantikan oleh orang lain, yang tidak berfungsi baik untuk memberi makan tubuh. Selamat bersenang-senang!

Baca Artikel Lainnya:

Contoh Karangan Persuasi Tentang Kesehatan, Pendidikan, Propaganda, Politik

Efek Rumah Kaca – Pengertian, Proses, Contoh dan Gambarnya