Rumus Excel Yang Wajib di Ketahui

Tentunya Anda sudah tahu cara menggunakan Microsoft Office Excel, kan? Tetapi dalam program Excel ini memiliki banyak formula yang tentu saja bekerja untuk membuat pekerjaan Anda lebih mudah, terutama yang berkaitan dengan akuntansi. Menggunakan rumus, pekerjaan yang biasanya dilakukan secara manual akan lebih mudah jika Anda memahami fungsi dan cara menggunakan rumus di Excel.

Rumus Excel Yang Wajib di Ketahui

Dari banyak rumus excel, saya merangkum daftar rumus Excel dasar yang perlu Anda ketahui untuk meningkatkan produktivitas saat menggunakan Microsoft Excel. Ini ulasannya.

1. MEDIA

Di Excel ada rumus rata-rata. Dalam rumus ini, fungsinya adalah untuk mendapatkan nilai rata-rata yang dihasilkan oleh kumpulan data yang dibuat. Untuk menggunakannya, dengan cara berikut, tulis rumusnya

= MEDIA (nomor 1, nomor 2 dan seterusnya).

Angka 1, 2 dan seterusnya adalah kumpulan data yang akan dicari nilai rata-ratanya. Contoh: ketika Anda memasukkan nilai rata-rata dari kolom B2 ke B6, Anda dapat menggunakan rumus = MEDIA (B2: b6) dan diakhiri dengan tombol Enter, maka Anda akan mendapatkan hasil seperti yang ditunjukkan di bawah,
Rumus rata-rata di Excel
2. SUM

Formula SUM untuk MS. Excel digunakan untuk menambahkan kumpulan data ke kumpulan data. Untuk menulis, mis

= SUM (angka1, angka2 dan seterusnya).

Untuk angka1, angka2 dan seterusnya ini adalah rentang data yang akan ditambahkan. Misalnya, ketika Anda menambahkan kolom B2-B8 dan C2 ke C8, tuliskan = SUM (B2: B8, C2: C8). Lihatlah fotonya
Rumus SUM di Excel
3. MAX

Formula MAX pada ms. Excel digunakan untuk menemukan nilai tertinggi dari kumpulan data. Untuk menggunakannya ditulis dengan cara

= MAX (angka1, angka 2, dan sebagainya)

Angka 1, 2 dan seterusnya ini adalah rentang data di mana nilai tertinggi akan dicari. Untuk menemukan nilai tertinggi pada data yang ditulis dalam kolom D4 hingga D11, rumusnya ditulis sebagai berikut: = MAX (D4: D11) yang kemudian ditekan oleh tombol Enter untuk mendapatkan hasilnya.
Rumus dasar Max di Excel
4. MIN

Selain rumus MAX, program Excel juga memiliki rumus MIN yang fungsinya kebalikan dari MAX. Jika MAX mencari nilai tertinggi, makan rumus MIN untuk menemukan nilai terendah dalam satu set data numerik dalam lembar Excel. Tulisannya itu

= MIN (angka1, angka2, …)

Dan angka1, 2, … adalah set data numerik yang akan menemukan nilai terendah. Misalnya, dalam lembar Excel yang dibuat untuk menemukan nilai terendah dari A2 ke A6, rumusnya adalah = MIN (A2: A6), lalu tekan Enter, maka nilai terendah akan diperoleh.
MIN formula dasar di Excel
5. Hitung

Untuk rumus, Menghitung digunakan untuk menghitung jumlah data dalam koleksi yang dipilih. Bentuk umum penulisan rumus penghitungan ini adalah

= COUNT (angka 1, angka 2, ….)

dan angka 1, angka 2, … adalah kumpulan data yang akan berisi jumlah data. Contoh dapat dilihat dari kumpulan data dari A2-A10, lalu dari rumus = COUNT (A2: A10) dan tekan Enter.
Rumus akuntansi Excel dasar
6. Logika SE

Di Excel ada rumus IF Logic, di mana rumus akan digunakan jika data yang dimasukkan memiliki kondisi tertentu. Seperti misalnya dalam data A1 = 1, akan ada 2 hasil, jika tidak mendapatkan hasil ini, maka nilainya adalah 0. Untuk fungsi ini biasanya akan dibantu oleh perbandingan seperti simbol fungsi = (sama dengan ), <(kecil). > (utama), <= (kurang dari),> = (lebih besar dari), <> (berbeda dari). Adapun menulis, yaitu

= IF (logical_test, value_if_true, value_if_false).

Dalam rumus ini, kita dapat menafsirkan bahwa ekspresi logika itu benar. Karena alasan ini, value_if_true perintah akan dieksekusi. Jika salah, perintah value_if_false juga akan dieksekusi. Itu bisa dilihat pada contoh di bawah ini.